Cara Melakukan Sharing Account Pada Steam

Reza

Adakah cara melakukan sharing account pada Steam? Perlu diketahui untuk pengguna Steam bahwa Steam memiliki fitur yang bisa digunakan untuk meminjamkan atau berbagai game dengan orang lain. Jadi ketika kamu memiliki banyak koleksi game di steam store, maka kamu bisa memberikan izin orang lain seperti teman atau keluarga untuk memainkannya. Sehingga teman atau keluarga mu bisa bermain game di steam tanpa perlu membeli game tersebut.

Fitur berbagi akun steam ini dinamakan dengan Family Sharing. Walaupun fitur Steam ini sebenarnya digunakan untuk berbagi game dengan keluarga. Tetapi jika teman kamu ingin dibagikan koleksi game milikmu di Steam, maka temanmu bisa mengakses library game kamu di steam.

Bagaimana Cara Kerja Steam Family Sharing?

Family Sharing memungkinkan pengguna Steam untuk bisa berbagi seluruh Library game Steam dengan anggota keluarga atau teman. Saat kita membagikan library Steam dengan orang lain, mereka akan mendapatkan akses ke semua game di dalam Steam dan bisa memainkannya tanpa izin lebih lanjut atau membeli game tersebut.

Meskipun fitur Steam Family Sharing ini bisa memberi orang lain akses ke Game Steam yang kita miliki. Tetapi hanya satu orang saja yang bisa mengakses library di Steam. Jika kamu ingin berbagi dengan lebih dari satu orang, maka hanya satu dari mereka yang bisa memainkan salah satu game kamu bagikan pada waktu yang sama.

Batasan ini juga berlaku untuk akun kita sendiri, jadi kamu dan teman tidak bisa memainkan game dari library game di Steam secara bersamaan. Walaupun kamu mencoba memainkan game yang berbeda maka salah satu dari kamu atau temanmu akan dikeluarkan paksa dari Steam. Jadi ketika kamu baru mulai memainkan game dan teman mu sudah memainkan game di steam, maka temanmu akan menerima notifikasi bahwa mereka bisa membeli game tersebut atau game akan menutup dan tidak bisa dimainkan.

Panduan Lengkap Cara Melakukan Sharing Account pada Steam

Jika kamu ingin membagikan game steam kepada teman, saudara, atau keluarga maka kamu bisa menfaatkan fitur Steam Family Sharing. Fitur ini bisa digunakan untuk membagikan library game steam ke 10 device berbeda dan bisa dibagikan ke 5 akun yang berbeda.

Cara melakukan sharing account pada Steam ke keluarga atau temanmu sangatlah mudah, silahkan ikuti petunjuk berikut :

Invite Teman yang Ingin Dishare Library Steam

  1. Pertama-tama silahkan kamu harus aktifkan fitur Steam Guard di PC yang memiliki Account Steam yang ingin dibagikan.
  2. Caranya buka aplikasi Steam, lalu silahkan lakukan login ke akun Steam yang ingin dibagikan.
  3. Selanjutnya pilih menu Steam yang ada di kiri layar, lalu pilih Settings.
  4. Lanjut pilih tab Family, lalu pilih Authorize Library Sharing on this computer.
  5. Selanjutnya bisa memilih salah satu metode verifikasi yang tersedia dan kamu lakukan verifikasi sampai selesai.

Verifikasi Sharing Account Steam

Setelah melakukan invite atau sharing akun Steam diatas, lanjut dengan mengikuti petunjuk untuk melakukan verifikasi account steam untuk sharing dengan langkah berikut :

  1. Buka PC teman atau keluarga, buka aplikasi Steam, lalu login dengan akun Steam yang kamu miliki.
  2. Masuk ke Menu Steam yang ada di pojok kiri layar, lalu pilih Settings.
  3. Pilih tab Family, lalu Checklist/centang pada bagian Authorize Library Sharing on this computer.
  4. Lanjut klik OK untuk menyimpan hasil pengaturan yang telah dibuat.
  5. Kemudian Log Out dari Steam, lalu login ulang menggunakan akun Steam dari teman atau keluarga.
  6. Setelah berhasil login, maka di PC atau perangkat teman/keluargamu maka semua library game Steam yang kamu miliki sudah bisa diakses dan dimainkan.

Panduan Lengkap Cara Menonaktifkan Fitur Family Sharing Game di Steam

Jika kamu sudah tidak ingin berbagi game di Steam dengan teman atau keluarga, kamu bisa berhenti membagikannya kapanpun kamu inginkan.Untuk menonaktifkan fitur Family Sharing game di Steam langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama buka aplikasi Steam, lalukan login akun, Masuk ke Steam, pilih Setting dan pilih Family.
  2. Temukan Berbagi Pustaka Keluarga, dan klik Kelola .
  3. Lanjut pilih Family Library Sharing, lalu klik tombol Manage.
  4. Setelah itu,cari nama pengguna (User) teman/keluarga, lalu klik tombol Revoke.
  5. Jika user dari teman kamu sudah tidak muncul dalam daftar, maka artinya teman kamu sudah tidak memiliki lagi akses ke library game kamu di Steam.

Akhir Kata

Bagaimana cara melakukan sharing account pada Steam ke teman atau keluarga sangat mudah bukan? Kamu juga bisa menonaktifkan fitur family sharing steam kapanpun kamu inginkan.

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Tags

Related Post

Leave a Comment