4 Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara, Dijamin Berhasil!

Reza

Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah HP xiaomi tidak ada suara saat memutar musik, menonton video, saat menelpon atau saat ada panggilan/notifikasi masuk? Mungkin sebelum mengetahui tentang cara mengatasinya kamu harus mengetahui tanda-tanda dan penyebab Hp xiaomi tidak ada suara terlebih dahulu.

Gejala HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Penyebab Xiaomi tidak ada suara
Freepik

Xiaomi merupakan salah satu merek hp populer yang digandrungi banyak pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini karena produk Xiaomi sering kali dinilai memiliki harga yang terjangkau, spesifikasi yang tinggi, dan masa pakai baterai yang lama. Dengan keunggulan tersebut hp Xiaomi bisa memastikan pengalaman penggunaan aplikasi yang lancar dan pemrosesan tugas yang cepat.

Namun, dari waktu ke waktu setelah sering digunakan, pengguna Xiaomi mungkin mengalami masalah, seperti Hp xiaomi tidak ada suara atau Poco X3 Mati Total. Hal ini sering ditandai dengan gejala sebagai berikut :

  • Saat ada panggilan telepon masuk tidak ada suara panggilan masuk.
  • Saat ada notifikasi baru dari aplikasi chat/messenger hp tidak berdering sama sekali.
  • HP tidak mengeluarkan suara saat menonton video, bermain game dan saat mendengarkan musik.
  • Saat telpon pengguna tidak bisa mendengar suara dari lawan bicara.

Penyebab HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Ada banyak penyebab Hp xiaomi tidak ada suara, contohnya seperti :

  • Konflik antar perangkat lunak bisa memengaruhi fungsi audio di hp Xiaomi, meskipun bukan masalah umum, tetapi masalah ini bisa saja menjadi penyebabnya.
  • Penurunan masa pakai baterai juga menyebabkan komponen internal seperti speaker internal, speaker eksternal, atau IC Audio menurun seiring berjalannya waktu, sehingga hal ini bisa menyebabkan kualitas suara yang dihasilkan hp Xiaomi akan terpengaruh.
  • HP kemasukan air, terjatuh atau terbentur dengan keras.
  • Speaker pada hp Xiaomi terdapat banyak debu dan kotoran sehingga menyebabkan speaker Xiaomi bermasalah.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara Dijamin Berhasil

Xiaomi tidak ada suara
Image by fxquadro on Freepik

Hp xiaomi tidak ada suara akan memengaruhi pengalaman penggunaan hp harian secara signifikan. Jika kamu mengalami masalah ini, maka kamu bisa coba langkah berikut untuk memperbaikinya.

1. Besarkan volume HP Xiaomi

Kamu mungkin secara tidak sengaja menurunkan volume suara hp Xiaomi. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba memperbesar volume di hp Xiaomi dengan menekan tombol volume atas di tepi kanan. Cara ini adalah solusi yang sederhana namun sangat efektif untuk memperbaiki masalah tidak ada suara di hp Xiaomi.

2. Restart HP Xiaomi

Cara ini dapat menyelesaikan banyak masalah dan kamu tidak boleh mengabaikan cara ini ketika kamu memiliki masalah hp tidak ada suara. Untuk melakukan restart hp xiaomi saat mengalami masalah, kamu dapat mencoba dua metode berikut:

  • Metode 1: Tekan dan tahan tombol “Power” di sisi kanan hp Xiaomi dalam beberapa detik. Saat kamu menahan tombol tersebut, akan muncul menu dengan opsi berbeda. Di menu ini, kamu harus memilih “Restart” (Mulai ulang) atau “Turn Off” (Matikan).
  • Metode 2: Untuk melakukan reboot paksa, kamu juga bisa menekan dan menahan “Tombol Power” selama beberapa detik tanpa melepaskannya, meskipun menu opsi Restart dan Matikan Daya ditampilkan di layar.

3. Kembalikan Pengaturan Pabrik

Jika setelah me-restart HP Xiaomi tetapi masih mengalami masalah tidak ada suara di hp Xiaomi, kamu mungkin dapat mempertimbangkan metode ini.

Karena metode ini juga dapat membantu mengatasi tidak ada suara pada HP Xiaomi yang berhubungan dengan perangkat lunak (software).

Namun, perlu diingat bahwa ketika menerapkan cara ini kamu akan kehilangan semua data pribadi, jadi pastikan kamu mencadang data penting terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini.

Kembali ke Pengaturan Pabrik adalah metode yang akan menghapus semua data dan aplikasi yang terinstal di hp android dan mengembalikan semua pengaturan ke keadaan seperti baru.

Untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik HP Xiaomi kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka “Pengaturan”‘ > Pilih “Tentang Ponsel’” > lalu tap “’Setel Ulang Data Pabrik”.
  • Terakhir klik “Hapus semua data” dan tunggu sampai proses reset pengaturan pabrik selesai.

4. Bawa Ke Service Center Xiaomi

Jika setelah mencoba cara mengatasi tidak ada suara hp Xiaomi di atas, masalah masih terulang, ini menandakan penyebab utamanya terletak pada hardware. Dalam situasi ini, maka harus mencari tempat service hp terpercaya untuk memperbaiki hardware hp Xiaomi.

Karena mungkin speaker internal, mikrofon, atau IC audio perlu diganti dan teknisi profesional akan membantu memperbaiki masalah ini dengan baik.

5. Hubungi Layanan Pelanggan Xiaomi

Jika kamu jauh dari Service Center Xiaomi, sebaiknya hubungi layanan pelanggan atau customer service Xiaomi. Untuk cara menghubunginya bisa langsung ke website Xiaomi dan cari contact support di laman website Xiaomi Indonesia.

Akhir Kata

Semoga artikel tentang penyebab dan cara mengatasi HP xiaomi tidak ada suara ini bisa memberi kamu informasi berguna untuk memperbaiki masalah hp Xiaomi. Jika kamu tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendiri, disarankan segera bawa ke service center Xiaomi atau tempat service hp terpercaya.

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Related Post

Leave a Comment