6 Penyebab dan Cara Memperbaiki Poco X3 Mati Total

Reza

Poco X3 Mati Total – HP Poco X3 merupakan salah satu hp dari Xiaomi yang sudah dirilis sejak tahun 2021 yang lalu dan termasuk hp yang laris dipasaran karena memiliki harga terjangkau dengan spek yang bagus. Tetapi selama penggunaan pastinya Poco X3 akan mengalami masalah, dan paling sering adalah masalah Poco X3 mati total.

Ketika HP Poco X3 Mati total akan membuat penggunanya sangat khawatir dan sangat menganggu sekali, contohnya ketika sedang bekerja dan tiba-tiba HP Poco X3 Mati Total, itu akan sangat mengganggu sekali bukan dan bisa menghambat pekerjaan kamu.

Penyebab Poco X3 mati total juga sangat bervariasi, sehingga cara memperbaikinya juga akan berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Karena itu, sebelum kamu memperbaiki HP Poco X3 yang mati total tidak bisa dinyalakan, maka harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Poco X3 Mati Total Port 9008 Paling Sering Terjadi

Image by vecstock on Freepik

Untuk penyebab Poco X3 Mati Total sendiri ada banyak, seperti HP terkena air atau ada komponen seperti IC Power yang rusak. Jadi, disini kita akan bahas tuntas mengenai penyebab Poco X3 Mati total. Berikut ini ada beberapa penyebab hp Poco X3 mati total yang paling sering terjadi dan harus kamu ketahui sebelum melakukan perbaikan.

1. Gagal Melakukan Flashing

Penyebab pertama yang sering terjadi di hp Poco X3 yang tidak bisa menyala disebabkan karena pengguna melakukan flashing atau hardbrick karena ingin menginstal custom rom. Kegagalan dalam proses flashing ini bisa menyebabkan kernel corrupt yang membuat hp tidak bisa menyala dengan normal dan mati total.

2. HP Terkena Air

Penyebab lainnya yang juga sering menyebabkan hp mati total adalah karena hp terkena air. Jika kamu baru saja mengalami hp Poco X3 terkena air, maka hal ini bisa jadi penyebab utama hp jadi mati total karena terjadi korsleting. Sehingga komponen di dalam hp akan rusak dan tidak bisa berfungsi dengan normal. Apalagi Poco X3 ini juga tidak memiliki sertifikat anti air sehingga jika hp terkena air tingkat kerusakan yang terjadi bisa lebih tinggi.

3. IC Power Rusak

HP Poco X3 mati total juga sering disebabkan karena IC power telah rusak. Jika kerusakan komponen IC power rusak maka bisa dipastikan hp Xiaomi tidak akan bisa menyala dengan normal.

4. Baterai Rusak

Selain masalah IC Power, HP yang mengalami mati total juga bisa disebabkan karena baterai sudah rusak. Apalagi jika kamu sudah menggunakan Poco X3 dalam jangka waktu yang lama dan penggunaan baterai sering melebihi kapasitas. Maka tidak heran jika penyebab dari hp mati total bisa disebabkan karena baterai hp sudah rusak.

5. Konektor Baterai Rusak

Masih berhubungan  dengan baterai hp, ketika hp mati total bisa disebabkan juga karena konektor baterai rusak. Ketika konektor baterai mengalami kerusakan, maka baterai tidak bisa terhubung ke mainboard. Sehingga hp tidak akan bisa menyala bahkan mati total ketika konektor baterai rusak.

6. Overheat

Kamu sering menggunakan hp Poco X3 untuk bermain game terlalu lama, render video berat atau melakukan live streaming terlalu lama. Maka hal ini bisa menyebabkan hp jadi overheat, dan ketika hp terlalu panas maka akan membuat hp mati total.

Selain disebabkan karena penyebab diatas, poco x3 mati total juga bisa disebabkan karena tombol power rusak, charger hp rusak, atau port usb rusak. Sehingga ketika komponen tersebut mengalami kerusakan juga bisa membuat hp Poco X3 tidak bisa dihudupkan dan tidak bisa diisi baterainya.

Cara Memperbaiki POCO X3 Mati Total Dijamin Berhasil

Poco X3 Mati Total
Image by fxquadro on Freepik

Untuk mengatasi Poco X3 Mati Total sendiri sangatlah mudah, hanya dengan beberapa cara saja kemungkinan besar HP Poco X3 kamu akan berjalan normal kembali. Berikut ini ada beberapa cara memperbaiki Poxo X3 mati total yang bisa kamu lakukan  :

1. Cek Apakah HP Bisa Dicas

Seperti yang telah dijelaskan diatas berdasarkan penyebabnya, kamu harus cek terlebih dahulu apakah hp bisa dicas dengan normal atau tidak. Karena hp yang mati total bisa disebabkan karena baterai telah habis 0%.

Kamu bisa coba ganti charger untuk mencoba mengecas hp, cek charger hp apakah bisa mengecas hp lain atau tidak. Jika setelah kamu cek ternyata charger mengalami masalah maka kamu harus ganti charger.

Jika charger masih normal, maka kamu harus tunggu baterai dicas selama 30 menit sampai 1 jam, karena ada kemungkinan hp mati total karena kondisi baterai habis 0%. Jika setelah dicas tetapi tetap tidak bisa menyala maka masalahnya disebabkan karena baterai hp rusak dan harus diganti yang baru.

2. Lakukan Flash atau Hard Reset

HP yang mati total selain disebabkan karena masalah hardware yang rusak juga bisa disebabkan karena masalah software yang crash. Maka dari itu, kamu bisa coba melakukan flash atau hard reset hp Poco X3.

Tetapi perlu dicatatan disini, melakukan flash atau hard reset akan membuat hp kamu kembali ke pengaturan pabrik. Sehingga semua data dan aplikasi yang terinstal di hp akan hilang.

3. Bawa Ke Tempat Service

Jika kamu sudah mencoba 2 cara memperbaiki Poco X3 mati total diatas dan tidak berhasil. Maka saran terbaik dari kami adalah segera bawa hp kamu ke service center Xiaomi terdekat atau bawa ke tempat service terpercaya di kota tempa tinggalmu.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi informasi yang bisa kamu ketahui tentang penyebab dan cara memperbaiki Poco X3 mati total. Semoga panduan ini bisa membantu hp Poco X3 kamu jadi bisa nyala kembali dengan normal dan perlu diingat jika beberapa cara di atas masih membuat Poco X3 Anda mati total cobalah untuk langsung pergi ke service center terrdekat.

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Tags

Related Post

Leave a Comment