Cara Mengatasi Kelembaban Port USB Samsung Paling Ampuh

Reza

Mengatasi Kelembaban Port USB Samsung – Apakah kamu sedang mengalami masalah di hp Samsung muncul pesan moisture has been detected in your charger / USB port? Itu artinya hp Samsung masih bekerja dengan baik, karena ini adalah pesan yang memberikan peringatan agar tidak terjadi konsleting arus listrik saat mengcharger hp. Dan artinya kamu miliki mengalami masalah pada bagian port usb hp Samsung yang lembab atau basah. Lalu bagaimana cara mengatasi kelembaban port usb Samsung yang tidak mau dihilangkan?

Seperti yang telah dijelaskan singkat diatas, masalah kelembaban port usb atau port charger disebabkan karena kondisi port usb/port charger atau jack audio dalam kondisi lembab atau basah. Jadi sebenarnya ini adalah notifikasi yang sangat penting yang bisa membuat menghindari hp mengalami konsleting arus listrik.

Fitur ini bisa ditemukan ketika kamu menggunakan hp Samsung seri Galaxy A9, A8 Star, A50, A30, A20, A53, A52, Samsung Note 9 atau seri Samsung terbaru lainnya.

Ketika notifikasi ini muncul, maka kamu tidak akan bisa mengcharger hp. Karena itu ketika kamu mengatasi masalah ini, maka kamu bisa menerapkan beberapa cara mengatasi kelembaban port usb Samsung yang akan dibagikan di bawah ini!

Penyebab Port USB Samsung Lembab

https://manuals.plus/id/hama/00183326-charger-kit-usb-c-pd-qc-18-w-manual

Sebelum membahas tentang cara mengatasi kelembaban port usb Samsung, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab port usb Samsung lembab :

Terkena Air

Ada kemungkinan penyebab dari masalah ini adalah karena HP Samsung yang kamu gunakan tidak sengaja terkena air. Sehingga percikan air tersebut mungkin masuk ke port usb atau port audio.

HP Terkena Air Hujan

Jika kamu baru saja hujan-hujanan dan lupa melindungi hp agar tidak terkena air atau percikan air hujan. Maka bisa jadi ada air atau percikan air yang masuk ke lubang port usb.

Udara Lembab

Penyebab lainnya yang bisa saja dialami adalah karena kamu berada di tempat yang memiliki suhu ruangan atau suhu luar ruangan yang dingin bar berembun. Sehingga embun yang terdapat kandungan air ini mungkin sudah terlalu banyak menempel pada port usb. Maka membuat hp Samsung memberikan notifikasi kelembaban port usb saat mengecas hp.

Cara Mengatasi Kelembaban Port USB Samsung Paling Ampuh

Jika kamu kesal akan notifikasi moisture has been detected in your charger / USB port dan tidak bisa ngecas hp, maka berikut ini adalah solusi mengatasi kelembaban port usb Samsung :

Keringkan Port USB Menggunakan Hair Dryer

Cara mengatasi kelembaban port usb Samsung yang pertama tentunya adalah mengeringkan bagian port usb dan port audio. Untuk mengeringkan bagian tersebut kamu bisa gunakan bantuan hair dryer dengan suhu rendah.

Keringkan Port USB Menggunakan Cotton Bud/Tisu

Selain kamu bisa mencoba mengeringkan bagian port usb hp Samsung menggunakan hair dryer, jika kamu tidak memiliki alat tersebut. Maka kamu bisa coba keringkan menggunakan cotton bud atau ujung tisu.

Silahkan kamu bisa coba bersihkan port usb atau port jack audio dengan menggunakan ujung tisu yang kering ataupun cotton bud. Jika sudah kamu rasa kering bagian port tersebut, kamu coba charger lagi hpmu.

Keringkan HP Dengan Beras

Jika penyebabnya karena hp Samsung kamu miliki secara tidak sengaja masuk ke dalam air. Solusi untuk memperbaiki masalah kelembaban port usb samsung adalah dengan mencoba mengeringkan hp dengan merendamnya di wadah berisi beras selama semalaman.

Gunakan Aplikasi Water Eject

Water Eject merupakan aplikasi yang memanfaatkan frekuensi suara rendah 165 Hz yang bisa mengeluarkan air di dalam smartphone kamu. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis. Namun bagi kamu yang tidak ingin ribet menggunakan aplikasi, biasanya di YouTube juga sudah tersedia, berikut link Water Eject https://www.youtube.com/watch?v=4lWLwACs_JA

Restart HP

Jika kamu merasa bahwa hp tidak terkena air, tidak digunakan saat hujan ataupun tidak digunakan di tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Dengan kondisi hp kering, maka mengatasi kelembaban port usb Samsung caranya sangatlah mudah.

Caranya yaitu kamu silahkan coba restart hp Samsung, tunggu beberapa saat dan ketika hp sudah menyala lagi kamu bisa coba cas hp kembali. Masalah ini selain disebabkan karena bagian port usb benar-benar lembab, juga bisa disebabkan karena ada error pada sistem operasi sehingga hp perlu direstart.

Akhir Kata

Jika kamu sudah mencoba cara mengatasi kelembaban port usb Samsung yang telah kami jelaskan diatas. Maka saran terbaik adalah kamu segera bawa hp Samsung tersebut ke service center Samsung atau tempat service hp terpercaya yang ada di kota tempa tinggalmu.

 

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Related Post

Leave a Comment