5 Cara Mengatasi Valorant Force Close Dijamin Berhasil 100%

Reza

Cara mengatasi valorant force close masih sering dicari oleh para gamer yang baru saja menginstal atau update pembaruan terbaru. Sehingga pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara mengatasi masalah game valorant force close dengan beberapa metode yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa game Valorant sampai sekarang masih sering melakukan pembaruan, baik melakukan pembaruan efek, fitur baru, atau pembaruan lainnya di dalam game. Karena selalu ada pembaruan membuat game ini tentunya mengharuskan para pemainnya menggunakan software dan hardware yang terbaik.

Jika kamu tidak menggunakan software dan hardware yang komputer yang kompatible dengan game Valorant. Maka bisa dipastikan game Valorant tidak bisa dijalankan dengan lancar, bahkan terkadang juga bisa menyebabkan game Valorant force close. Lalu bagaimana cara mengatasi valorant force close yang paling mudah?

Panduan Cara Mengatasi Valorant Force Close

valorant force close

Jika kamu baru saja instal atau update game valorant, dan kamu mengalami masalah game selalu force close saat dibuka. Maka kamu bisa terapkan beberapa metode cara mengatasi valorant force close yang akan kami bagikan berikut ini :

1. Pastikan Perangkat Memenuhi Syarat Minimal

Cara mengatasi valorant force close yang pertama dan terpenting adalah pastikan PC komputer/laptop yang kamu gunakan surah memenuhi persyaratan minimal dari game satu ini. Berikut ini adalah persyaratan minimal spek komputer yang support dengan game valorant.

Persyaratan Minimum PC agar bisa menjalankan game Valorant di 30 FPS dengan lancar :

  • Sistem Operasi: Windows 10 Build 17134 ke atas atau Windows 11 64-bit
  • Prosesor: Athlon 200GE (AMD) atau Intel Core 2 Duo E8400
  • Memori: RAM 4GB
  • Kartu Grafis: Radeon R5 200 atau Intel HD 4000
  • VRAM: 1 GB

Spesifikasi yang direkomendasikan untuk bermain game Valoran di 60 FPS dengan lancar :

  • Sistem Operasi: Windows 10 Build 17134 ke atas atau Windows 11 64-bit
  • Prosesor : Ryzen 3 1200 (AMD) atau Intel i3-4150
  • Kartu Grafis: Radeon R7 240 atau Geforce GT 730
  • Memori: RAM 8 GB

Jika ingin bermain game Valorant di komputer Windows 11 wajib mengaktifkan TPM 2.0 dan UEFI Secure Boot.

Jadi pastikan PC komputer/laptop yang kamu gunakan sudah memenuhi syarat minimal spesifikasi yang dijelaskan diatas agar saat menjalankan game Valorant tidak force close.

2. Restart Game dan Client, lalu jalankan sebagai administator ( Run as Administator )

Cara mengatasi valorant force close termudah yang mungkin bisa kamu coba lakukan adalah dengan restart game dan buka dengan cara run as administator, silahkan ikuti langkah berikut :

  • Pertama klik kanan di shourtcut game Valorant di Dekstop.
  • Lalu pilih Properties, lalu masuk ke tab Compatibility.
  • Setelah itu, centang pada bagian kotak Run this program as an administrator.
  • Terakhir pilih Apply dan tekan Ok, lalu coba jalankan ulang game Valorant.

3. Settings Pengaturan Grafik Dalam Game

Jika Pcmu sudah memenuhi persyaratan minimum, tetapi game Valorant masih force close. Maka ada kemungkinan ada beberapa kesalahan pengaturan di dalam game. Karena itu, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengubah pengaturan GPU di dalam game, langkahnya sebagai berikut :

  • Buka game Valorant, lalu pilih Menu di dalam game, pilih Video, lalu pilih Graphics Quality.
  • Di menu Graphics Quality, kamu silahkan pilih semua pengaturan grafis ke Low.

Jika sudah simpan pengaturan Grafik, lalu kamu coba kembali buka dan mainkan game Valorant.

4. Nonaktifkan Sementara Antivirus

Cara mengatasi Valorant force close selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan antivirus. Jika kamu hanya menggunakan Windows Defender, kamu tidak perlu melakukan perubahan apapun. Tetapi jika kamu menggunakan antivirus pihak ketiga, maka hal ini mungkin bisa jadi penyebab game Valorant jadi force close.

Karena itu, kamu bisa buka aplikasi Antivirus yang kamu gunakan, lalu kamu coba setting antivirus tersebut untuk dinonaktifkan sementara. Setelah itu, kamu coba buka game Valorant lagi untuk mengetahui apakah antivirus menjadi penyebab game ini jadi sering force close.

5. Update Driver GPU Terbaru

Driver GPU adalah komponen yang paling penting dalam menjalankan sebuah game, terutama menjalankan game berat seperti Valorant. Karena itu, saat bermain game Valorant pastikan kamu sudah menginstal driver GPU.

Jika sebelumnya kamu sudah pernah instal driver GPU, tetapi belum pernah melakukan update driver terbaru. Hal ini juga bisa menyebabkan game yang dimainkan jadi sering force close, termasuk saat bermain game Valorant. Karena itu untuk mengatasi masalah ini kamu bisa segera update driver GPU ke versi terbaru.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi beberapa panduan cara mengatasi Valorant force close termudah yang bisa kamu coba. Jika metode yang dijelaskan diatas tidak berhasil mengatasi masalah, mungkin kamu bisa coba tutup aplikasi yang banyak memakan kinerja RAM, Update windows, lakukan Clean Boot, dan langkah terakhir bisa uninstall dan install ulang game Valorant dan Vanguard.

refrensi

https://www.drivereasy.com/knowledge/solved-valorant-keeps-crashing-on-pc/

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Tags

Related Post

Leave a Comment