8 Cara Mengatasi Play Store Kesalahan Server, 100% Berhasil

Reza

Cara Mengatasi Play Store Kesalahan Server- Play Store merupakan salah satu layanan dari Google yang berfungsi untuk mengakses beragam aplikasi maupun game di HP Android.

Play Store sendiri hingga akhir tahun 2023 ini sudah mengantongi aplikasi dan game sebanyak 3,5 Juta. Hal tersebut membuat Play Store menduduki peringkat pertama dalam hal aplikasi terbanyak di dunia.

Namun, pada beberapa kasus, pengguna Play Store sering kali mengalami error seperti  Play Store kesalahan server. Hal tersebut sangat menganggu dan bisa menghambat kelancaran dalam melakukan instalasi game atau aplikasi.

Kesalahan server sendiri bisa muncul ketika penggunanya menggunakan koneksi yang tidak stabil atau melakukan perubahan settingan sehingga error tersebut bisa muncul.

Dalam mengatasi hal tersebut diperlukan beberapa cara mudah untuk mengatasinya, seperti melakukan settingan dengan benar atau merubah tanggal dan waktu sesuai provider.

Apa itu Kesalahan Server di Play Store?

Kesalahan Server di Play Store adalah kondisi di mana kita tidak bisa mengakses Play Store, sehingga ketika kita ingin mencari aplikasi atau game yang kita suka otomatis Play Store akan memunculkan notifikasi kesalahan server.

Kesalahan server juga sering sekali muncul ketika Anda tidak melakukan settingan HP Android dengan benar.

Kenapa Play Store terjadi kesalahan Server?

Play Store kesalahan server sendiri akan muncul ketika koneksi internet yang tidak stabil atau settingan HP yang salah.

Untuk penyebab umum yang sering terjadi adalah koneksi internet tidak stabil atau bisa saja ketika kita sedang mencoba menginstall game atau aplikasi tiba – tiba koneksi internet terputus. Hal itu bisa menjadi pemicu utama sehingga muncul notifikasi kesalahan server.

Hal lain yangg bisa mengakibatkan kesalahan server adalah pengaturan proxy yang salah atau settingan VPN yang tidka valid dan yang terakhir adalah zona waktu dan tanggal tidak akurat.

Cara Mengatasi Play Store Kesalahan Server DF-DFERH-01

Play Store Kesalahan Server

Play Store Kesalahan server umumnya sering kali dirasakan atau dialami oleh para pengguna HP Android. Namun, jangan cemas dan khawatir terlebih dahulu, karena ada beberapa cara yang ampuh dalam mengatasi kesalahan server di Play Store.

Cara pertama adalah dengan menghapus cache aplikasi play store di perangkat kamu. Jika cara itu tidak berhasil, coba restart terlebih dahulu perangkat kamu dan nyalakan kembali.

Namun, jika masalah tersebut masih berlanjut, cobalah beberapa langkah mudah di bawah ini untuk mengatasi kesalahan server di Play Store :

1. Periksa Koneksi Internet

Cara pertama adalah memastikan jaringan internet Anda stabil agar server play store merespon dengan baik dan pastikan settingan APN di HP Anda sudah baik atau Anda bisa menggunakan jaringan wifi, sehingga koneksi Anda menjadi stabil dan notifikasi play store kesalahan server pun hilang

2. Restart Perangkat

Jika anda sudah mengecek koneksi internet dan kesalahan server masih muncul, cobalah untuk mematikan dan menghidupkan perangkat Anda. Hal itu bisa memperbaruhi koneksi Anda sehingga kesalahan server-pun akan normal kembali.

3. Hapus Cache Aplikasi Play Store

Buka Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store. Pilih “Hapus Cache” dan “Hapus Data.” Setelah itu, buka kembali Play Store dan coba lagi.

4. Periksa Pengaturan Proxy

Jika Anda menggunakan proxy atau VPN, pastikan pengaturannya benar. Terkadang, pengaturan proxy yang salah dapat menyebabkan internet tidak stabil sehingga muncul notifikasi kesalahan server di Play Store

5. Periksa Ruang Penyimpanan

Pastikan bahwa perangkat Anda memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia. Jika penyimpanan hampir penuh, itu dapat mempengaruhi kinerja aplikasi, termasuk Play Store.

6. Update Aplikasi Play Store

Pastikan bahwa aplikasi Play Store Anda diperbarui ke versi terbaru. Terkadang, ketika kita sudah mengupdate aplikasi Play Store dapat memperbaiki masalah kesalahan server.

7. Reset Pengaturan Jaringan

Buka Pengaturan > Sistem > Setelan Lanjutan > Reset > Reset Pengaturan Jaringan. Cara tersebut tentunya bisa mengembalikan pengaturan jaringan ke default tanpa menghapus data perangkat.

8. Update Sistem Operasi Android

Pastikan bahwa perangkat Anda sudah menggunakan versi Android yang terbaru. Mengupdate versi Android tentunya dapat mengatasi bug dan masalah keamanan seperti Play Store kesalahan server.

Akhir Kata

Jadi, itulah artikel tentang Cara mengatasi Play Store Kesalahan Server. Namun, perlu diingat jika setelah melakukan delapan cara diatas dan masih tidak berhasil, alangkah baiknya pergi ke tempat service center atau konter HP terpercaya.

 

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Related Post

Leave a Comment