5 Cara Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error

Reza

Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error – Kamu baru saja ingin membuat akun Steam dan kamu selalu gagal dan ada notifikasi Your response to the CAPTCHA appears to be invalid? Maka kamu harus membaca panduan cara mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error disini!

Untuk pengguna Steam baru sebelum download game pastinya harus membuat akun atau daftar akun baru. Salah satu cara agar proses pendaftaran akun Steam berhasil, pengguna harus melakukan verifikasi Captcha.

Tetapi ketika melakukan pendaftaran, ada beberapa pengguna mengalami gagal daftar karena Capcha error dan muncul pesan Your response to the CAPTCHA appears to be invalid. Untuk mengatasi masalah Capcha error saat daftar akun steam, kamu bisa simak cara mengatasinya berikut ini!

Penyebab Captcha Error Saat Daftar Akun Steam

Walaupun kita sudah mengisi Captcha dengan benar saat daftar akun Steam, masih ada kemungkinan capcha error dan gagal daftar. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan Captcha tidak valid dan kamu terdeteksi robot.

Penyebab umum Captcha error bisa disebabkan karena masalah koneksi internet, pemblokiran IP, atau masalah dengan DNS serta cache browser. Jika kamu mengalami masalah ini ada beberapa cara mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error.

Panduan Cara Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error

Jika kamu sudah 3 kali mencoba mendaftar akun Steam dan gagal karena captcha error. Maka ada beberapa cara mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error yang bisa dilakukan, seperti :

1. Ganti Koneksi Internet

Cara mengatasi gagal daftar steam karena captcha error

Salah satu penyebab captcha Steam error adalah disebabkan karena koneksi internet. Jadi solusi pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki atua mengganti koneksi internet yang digunakan.

Ketika koneksi internet tidak stabil atau tidak terkoneksi, maka hal ini bisa menyebabkan Captcha yang diinputkan tidak valid dan tidak terdeteksi oleh sistem. Silahkan kamu coba buka tab browser dan akses ke website lain. Apakah koneksi internet di website lain lancar atau tidak, atau kamu bisa cek speedtest koneksi internet.

Jika didapatkan koneksi internet tidak stabil, maka segera ganti koneksi internet dari Wifi ke Paket Data atau sebaliknya. Lalu kamu coba daftar akun Steam ulang menggunakan koneksi internet yang lain.

2. Mengaktifkan atau Menonaktifkan VPN

Cara Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error

CAPTCHA di Steam mungkin tidak terverifikasi bisa disebabkan karena kamu mendaftar dari lokasi tempat Steam dilarang atau diblokir. Jadi, jika kamu menduga tersebut mungkin terjadi, maka kamu bisa aktifkan VPN.

Jika setelah mengaktifkan VPN berhasil mendaftar, maka kemungkinan masalah lokasi IP perangkat yang mengakibatkan error captcha. Tetapi jika sebelumnya saat mendaftar Steam kamu sedang menggunakan VPN atau VPN sedang diaktifkan, maka kamu harus menonaktifkannya.

3. Hapus Cache Browser

Cara Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error

CAPTCHA error di Steam juga bisa disebabkan oleh masalah dari Browser yang kita gunakan. Jika tidak ada mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error yang berhasil. Maka kamu bisa coba mengatasinya dengan mengecek browser apakah ada masalah dengan cache atau tidak.

Silahkan kamu bisa masuk ke Pengaturan/Setelan browser, lalu kamu bisa hapus semua Cache dan Cookies browser. Selain menghapus Cache Browser, kamu juga bisa coba nonaktifkan semua ekstensi browser.

Lalu setelah Cache di hapus dan ekstensi browser dinonaktifkan, kamu coba daftar akun Steam lagi dan cek apakah berhasil atau tidak.

4. Bersihkan Cache DNS Perangkat

Cara Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error

Pembersihan cache DNS juga bisa membantu mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error. Terutama metode ini bermanfaat untuk menghapus alamat IP dan catatan DNS yang telah kedaluwarsa dari cache. Oleh karena itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan cache DNS perangkat :

  • Di kotak Pencarian Windows, ketik “Command Prompt,” lalu klik kanan aplikasi, lalu pilih Run as administrator.
  • Setelah itu, ketikkan perintah berikut: ipconfig /flushdns
  • Lalu tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

Perintah command prompt tersebut setelah selesai akan membersihkan Cache DNS di Windows.

5. Reset Winsock

Cara Mengatasi Gagal Daftar Steam Karena Captcha Error

Cara mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error lainnya bisa dengan melakukan reset Winsock. Winsock ini berfungsi untuk melakukan penerjemahan antar layanan jaringan dan perangkat lunak di jaringan Windows. Reset Winsock bisa dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut :

  • Di kotak Pencarian Windows, ketik “Command Prompt,” lalu klik kanan aplikasi, lalu pilih Run as administrator.

Setelah itu, ketikkan perintah berikut: netsh winsock reset

  • Lalu tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah reset winsock.

Akhir Kata

Jika semua panduan cara mengatasi gagal daftar Steam karena catcha error diatas tidak berhasil. Maka langkah terakhir kamu harus ganti menggunakan perangkat lain untuk mendaftar akun Steam.

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Tags

Related Post

Leave a Comment