5 Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Live Streaming

Reza

Mengatasi lag saat live streaming – Livestream di Facebook, Tiktok, Youtube, Instagram atau saat melakukan live streaming game sering kali kamu mengalami Lag. Sehingga akan memberikan pengalaman buruk bagi penonton live streaming yang kamu lakukan. Apalagi jika kamu melakukan live streaming selama berjualan atau sedangan memberikan pengenalan produk. Tentunya hal ini bisa memengaruhi efisiensi penjualan, karena kamu tidak bisa menyampaikan informasi dengan lancar. Lantas, bagaimana cara mengatasi lag saat live streaming?  Yuk cari tahu bersama penyebab dan cara mengatasi lag saat live streaming di bawah ini.

Penyebab Livestream Mengalami Lag

Mengatasi Lag Saat Live Streaming
freepik

Saat melakukan livestream, lag terjadi saat livestreaming adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh siapa pun. Karena hal ini bisa memengaruhi pengalaman penonton, menyebabkan ketidaknyamanan, dan bahkan membuat penonton meninggalkan livestream Kamu. Bayangkan saja, ketika kamu sedanglive streaming Youtube selama berjam-jam tiba tiba jaringan atau pc yang digunakan menjadi lag, itu akan sangat menganggu sekali bukan?

Sebelum kamu mengetahui tentang cara mengatasi lag saat live streaming, berikut merupakan beberapa penyebab umum lag saat live streaming :

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama dan paling umum lag saat live streaming yaitu karena koneksi Internet yang tidak stabil. Peralatan koneksi jaringan yang tidak stabil pastinya akan mempengaruhi kualitas live streaming. Jadi, alangkah baiknya sebelum kamu melakukan live streming, cobalah cek dahulu koneksi internet, apa kah sudah siap untuk melakukan live streaming atau belum.

Spek Perangkat Rendah

Selanjutnya, lag saat live streaming mungkin disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang digunakan rendah atau tidak support untuk live streaming. Spek perangkat yang rendah bisa menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Atau perangkat berjalan pada kapasitas yang terlalu brat saat melakukan live streaming  sehingga menyebabkan video live tersendat dan lag.

Aplikasi atau Software Live Streaming Tidak Support

Penyebab lainnya bisa disebabkan karena kamu melakukan live streaming menggunakan software atau aplikasi yang tidak support dengan perangkat yang kamu gunakan.

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab lag saat live streaming, pastinya kamu harus membaca tentang cara mengatasinya di bawah ini!

Cara Mengatasi Lag Saat Live Streaming Facebook, Tiktok, Instagram atau Live Streaming Gaming

Penyebab dan Cara Mengatasi Lag Saat Live Streaming

Berikut merupakan beberapa cara mengatasi lag saat live streaming agar livestream bisa berjalan dengan lancar.

1. Periksa Kecepatan Jaringan Internet Sebelum Melakukan Live Streaming

Untuk mendapatkan live streaming yang sempurna dan tidak lag, sebelum melakukan live streaming, Kamu perlu memeriksa sistem jaringan internet yang Kamu gunakan.

Sebab, agar proses livestream bisa berjalan dengan lancar, maka kecepatan jaringan internetmu harus bagus dan kuat. Pastikan ketika jumlah penonton bertambah, hal itu tidak memengaruhi kecepatan atau kualitas live streaming.

Kamu bisa mengunjungi website Speed ​​Test untuk menguji kecepatan jaringan Kamu.

Setelah menyelesaikan akses ke website speed test dan klik tombol Go, maka sistem secara otomatis mengukur kecepatan jaringan internet yang Kamu gunakan hanya dalam beberapa detik.

Hasil yang akan ditampilkan termasuk kecepatan Download, kecepatan Upload dan beberapa indikator lainnya.

Diantara informasi yang ditampilkan, Kamu bisa cek ke bagian indeks Unduhan, jika nilainya lebih besar dari 20Mbps. Maka Kamu bisa melakukan live streaming di Facebook, instagram, tiktok atau platform lainnya dengan baik.

Jika Kecepatannya rendah, maka Kamu harus meningkatkankecepatan internet ke paket yang lebih tinggi atau mencari jaringan lain yang lebih stabil agar bisa melakukan live streaming dengan lancar.

2. Tingkatkan Spesifikasi Perangkat Untuk Live Streaming

Jika Kamu menggunakan PC untuk melakukan livestream, maka kamu harus mengupgrade CPU, RAM, dan GPU. Karena komponen-komponen ini juga menjadi salah satu cara mengatasi lag saat live streaming agar lancar. Kamu bisa merujuk pada kriteria spesifikasi PC atau Laptop minimal untuk live streaming berikut:

Pilih model dengan CPU Core i5 atau versi yang lebih tinggi karena CPU ini akan memiliki banyak core dan thread, dan kecepatan clock yang tinggi akan membantu komputer Kamu melakukan live streaming dengan stabil.

Memilih RAM dengan kapasitas besar minimal menggunakan 8Gb akan membantu komputer Kamu berjalan lebih lancar, tanpa macet atau crash. Karena ketika menjalankan terlalu banyak program atau aplikasi dalam waktu bersamaan membutuhkan RAM besar.

Memilih GPU juga sangat penting agar live streaming lancar. GPU juga dikenal sebagai kartu grafis adalah komponen yang sangat berpengaruh saat meakukan streaming game atau live streaming di media sosial.

3. Periksa Router Wifi

Wifi merupakan salah satu penyebab umum mengapa live streaming mengalami lag. Kabel atau router yang rusak seiring waktu juga menyebabkan kualitas transmisi wifi jadi tidak stabil. Yang perlu Kamu lakukan untuk memperbaikinya yaitu dengan cara :

Periksa jalur koneksi dan router apakah masih bisa digunakan atau tidak? Jika sudah terlalu usang dan ada yang rusak maka segera menggantinya.

Selain itu, sebelum melakukan live streaming, harap tonton video live streaming lain untuk melihat apakah koneksi internet stabil? Dan lanjutkan untuk me-restart Router, lakukan shutdown dan restart sekitar 10 detik. Pastikan kabel juga harus dicabut, dan pasang kembali untuk memastikan Internet digunakan jadi lebih  stabil.

4. Restart Perangkat

HP dan laptop sama-sama merupakan perangkat elektronik, sehingga saat digunakan terlalu sering bisa menyebabkan lag. Live streaming merupakan sebuah  kegiatan yang akan menghasilkan pengunaan aplikasi dengan durasi  yang panjang dan lama. Jadi untuk menghindari lag saat live streaming, sebaiknya biarkan perangkat Kamu sejenak dengan melakukan restart.

5. Resolusi Video Live Streaming

Resolusi video juga akan mempengaruhi kualitas video live streaming. Namun, semakin tinggi resolusinya, maka akan semakin besar kemungkinan live streaming Kamu mengalami lag dan tersendat. Itu sebabnya sebaiknya Kamu sebaiknya menjaga resolusi video live streaming pada angka tertentu. Saran bagi Kamu yaitu dengan mengatur kualitas resolusi video pada level otomatis.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi beberapa cara mengatasi lag saat live streaming yang bisa kamu coba. Jika kamu masih mengalami lag saat live straming, mungkin kamu bisa melakukan update aplikasi atau update sistem operasi perangkat.

Reza

SEO Spesialist & Writer at news.lapakreload.id | Techno Enthusiast | I started diving into SEO in early 2019 and eager to learn more!

Related Post

Leave a Comment